Rencana Acara Sosial

‎Teman – teman, siang tadi (Minggu, 07 Oktober 2012 Pukul 11.30 – 16.30) team Good Deeds telah melakukan survey untuk kegiatan kita selanjutnya. Sebelum diputuskan acaranya ingin diadakan dimana, berupa apa, kapan dilaksanakan, dsb : perkenankan kita memaparkan hasil survey hari ini dan mohon sekali untuk tanggapan/pendapatnya.

01. Panti Tuna Netra Cahaya Bathin
Jalan Dewi Sartika no 200, Cawang, Jakarta Timur

Ini lokasi pertama yang kita kunjungi. Jika ingin ke lokasi, lewati jalan otista (dekat jatinegara) dan lurus terus kearah cililitan (Verna pasti familiar nih), pasti deh lewatin jalan dewi sartika ini. Nah setelah itu cari jalan kecil persis di samping rumah sakit Budhi Asih. Tinggal masuk saja.

Panti ini dihuni oleh sekitar 60-an penghuni yang punya kekurangan di penglihatannya dan belasan pengurus (40an pengurus, belasan diantaranya tinggal di dalam komplek). Sebagian dari penghuni tersebut juga ada yang menderita kekurangan mental. Ada yg stress tidak bisa menerima keadaannya juga.

Tujuan panti ini adalah supaya binaan mereka bisa hidup mandiri suatu saat nanti, dalam arti mampu menjalani hidupnya sendiri tanpa ketergantungan pada orang lain dan sebagian besar alumni-nya sudah bisa mencapai tahap itu.

Untuk kebutuhan sehari-hari mereka disokong oleh yayasan. Namun terkadang ada juga kebutuhan khusus yang mungkin bisa lebih cepat mereka peroleh hanya berkat bantuan donatur, seperti misalnya saat ini mereka sedang membutuhkan:

  • Beberapa pintu kamar mandi dan keran air (karena sering dirusak oleh binaan mereka)
  • Tempat jemuran fix (tidak bisa dipindah) dari tiang-tiang beserta shelternya (dulu pernah dibantu donatur dengan budget mungkin hampir belasan juta untuk bahan dan ongkos tukang). Selain itu pengurus juga siap menerima pakaian bekas layak pakai untuk dibagi-bagikan lg nantinya ke penghuni.

Narasumber: ibu murwati, ibu laswita.


02.Wisma Tuna Ganda Palsigunung

Jalan Raya Bogor KM 28,5, Cimanggis, Jakarta.

Lokasinya ada persis di seberang kampus Fakultas Teknik Jayabaya. Silahkan temen-teman lihat sendiri di googlemap.🙂 jika melewati jalur grogol ke cawang, lokasinya lebih cepat dicapai (baru asumsi saja).

Panti ini tujuannya juga sama, yakni supaya binaannya bisa mencapai kemandirian pada akhirnya nanti. Hanya penghuninya adalah orang-orang (tua dan muda) yang punya kelainan lebih dari satu: fisik dan mental.

Saat kunjungan survey hari ini, kita ketemu dan lihat secara langsung, kebanyakan dari penghuni disini hanya bisa terbaring di atas kasur karena kekurangan fisik mereka. Jadi, jika selesai beraktivitas (fisiotherapy dan latihan), seperti itu saja mereka melewati hari-harinya.

Penghuninya ada sekitar 30an orang, yang paling muda sekitar 6 tahun, yang paling tua sekitar 40an thn.

Untuk kebutuhan sehari-hari mereka juga disokong yayasan. Namun adanya donasi dari para donatur tentunya akan sangat membantu pengurus panti untuk menjaga binaannya dan semoga juga bisa menggembirakan mereka semua.🙂

Jika temen-teman berminat bantu, bisa berupa kebutuhan sehari-hari termasuk :

  • Pampers
  • Alat-alat permainan seperti puzzle kayu (gunanya untuk aktivitas dan rehabilitasi otak). Lebih lengkapnya ada pada brosur yg kita dapat dari pengurus.

Narasumber: Ibu Sumiati, Ibu Ros. Kepala pengurus: Ibu Kristanti.

One thought on “Rencana Acara Sosial

  1. […] References : https://gdeeds.wordpress.com/2012/10/08/rencana-acara-sosial/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s