Makanan yang Berformalin

Sekarang banyak makanan yang menggunakan formalin dan borakx sudah sebaiknya kita waspada dan amati. Berikut ciri-ciri makanan berformalin :

1. Tahu

Tahu yang mengandung boraks dan formalin memiliki kecenderungan lebih kenyal dan tidak mudah hancur. Stuktur tahu lebih keras dari biasanya. Tahu memiliki daya tahan lebih lama. Tahan sampai tiga hari dalam suhu kamar. Tahu lebih tahan lagi dalam lemari es sekitar 15 hari. Bau muncul karena zat formalin yang bereaksi dalam tahu.

2. Bakso

Bakso juga memiliki struktur yang kenyal dan lebih keras. Bakso mengandung boraks pasti memiliki daya tahan lebih lama. Mampu bertahan sampai lima hari.

3. Mie basah

Formalin pada mie yang paling utama adalah bisa bertahan lama sampai lima hari dalam suhu kamar. Tahan 15 hari dalam lemari es. Mie lebih kenyal dan mengkilap. Memiliki bau khas yang merupakan bau dari formalin.

4. Ikan Asin

Ikan berformalin memiliki ciri: badan ikan keras, kaku, bagian dalam basah tapi bagian luar kering, tahan lama hampir 1 bulan dalam suhu kamar. Selama penyimpanan itu kita masih menemukan ikan dalam keadaan bersih dan cerah. Padahal untuk ukuran ikan asin normal akan menjadi bau dan busuk.

5. Ikan Segar

Ciri ikan segar mengandung formalin: badan ikan kaku, sulit dipotong, tahan lama sampai tiga hari tanpa kerusakan dalam suhu kamar, ikan memiliki insang berwarna merah tua tidak cemerlang, warna daging putih bersih. Untuk ikan segar tanpa formalin memiliki insang berwarna merah segar dan cepat busuk jika didiamkan lebih dari 1 hari.

Sumber : Lifestyle Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s