10 Manfaat Belajar Musik Yang Tidak Diketahui Moms

Apakah Moms memiliki anak yang suka dengan alat musik? Atau mengikuti gaya musisi favorit mereka? Memainkan alat musik sangat bermanfaat bagi anak-anak. Jadi, tak ada alasan untuk Moms tidak mengenalkan anak-anak pada musik. Banyak orang percaya bahwa musik adalah bahasa universal. Terlepas dari mana Moms berasal dari atau apa latar belakangnya, ketika Moms mendengarkan sebuah melodi lagu yang sangat indah meski menggunakan bahasa asing yang tidak dikenal, kita tetap akan merasa tenang dan terasa ada sesuatu di balik itu, kan? Begitu pula dengan anak-anak. Untuk anak-anak, musik memberikan banyak manfaat. Para ahli sepakat, ada banyak hal yang baik ketika mengenalkan anak-anak kepada musik. Dan berikut ini adalah 10 manfaat belajar musik sejak dini yang harus Moms tanamkan kepada anak-anak.

1. Lebih kreatif
Apakah Moms menginginkan anak Moms memiliki keuntungan kreativitas yang lebih dari anak lain? Musik bisa melakukan itu. Banyak studi menunjukkan korelasi bahwa kreativitas yang dimiliki seorang anak akan lebih tinggi ketika terpapar musik. Musik secara sederhana merangsang bagian otak yang berhubungan dengan membaca, matematika, dan perkembangan emosional. Itu mengapa belajar musik untuk anak sejak dini sangat penting.

2. Perkembangan Otak yang Lebih Baik
Seperti yang dibahas sebelumnya, musik merangsang bagian otak yang terutama pada perkembangan emosional. Biarkan anak Momsmemilih musik yang digemarinya. Kita tidak bisa memaksakan untuk menyukai musik tertentu, kita sebagai orang tua hanya mendampingi dan memberikan arahan ke mana pilihan musik yang lebih baik bagi mereka.

3. Lebih Jago di Matematika
Musik merangsang bagian otak yang berhubungan dengan perhitungan. Ini akan membuat anak Moms lebih akrab dengan matematika. Terlebih jika anak-anak sudah diberikan pembelajaran tentang bermain musik. Menentukan tempo pun sedikit tidaknya menggunakan perhitungan matematika. Dengan ini anak-anak akan lebih terbiasa dengan angka dan perhitungan kelak ketika sedang berada dalam bangku sekolah maupun sebelum masuk ke bangku sekolah.

4. Memiliki rasa & ritme yang baik (pintar mengatur waktu)
Ketika belajar musik, anak-anak juga terlatih untuk disiplin. Karena belajar musik juga dibutuhkan disiplin yang tinggi. Dengan belajar musik ini mereka lebih terbiasa untuk mengatur waktu dengan baik. Mereka pun akan terbiasa dengan pembagian waktu baik untuk di sekolah maupun di luar sekolah.

5. Memiliki ambisi
Hanya dengan mendengarkan musik saja sudah bisa membuat anak-anak percaya diri. Sedangkan dengan membiarkan anak Momsmemainkan musik, maka anak akan secara otomatis memiliki target atau pencapaiannya sendiri. Ini akan sangat baik bagi perkembangan anak itu sendiri. Di sisi lain, anak akan merasa lebih percaya diri untuk meraih target atau ambisinya itu.

6. Membuat anak lebih pintar
Musik merangsang dan menyeimbangkan otak kanan dan kiri, di mana kedua otak ini merupakan sumber kreativitas dan pusat berpikir. Jika anak sudah terbiasa mendengarkan musik, maka sumber kreativitas dan pikirannya akan lebih terbuka. Akan lebih baik ketika otak kanan dan kiri menjadi seimbang. Biarkan anak memilih musik favoritnya, ini akan membantu mereka ketika menyelesaikan sesuatu. Pintar dalam hal ini tidak hanya di bangku sekolah, namun juga pada saat memutuskan sesuatu.

7. Memiliki proses pendengaran yg lebih efisien
Musik tentu membutuhkan pendengaran yang tajam, dengan sering berlatih musik, maka anak akan cepat ketika diajak berbincang dengan temannya dan cepat dalam memberi tanggapan. Ini akan menjadi bekal yang lebih baik untuk ke depannya.

8. Lebih ulet dan telaten untuk mencapai target
Kedisiplinan adalah hal yang akan didapatkan ketika belajar musik. Dan ini akan mengantarkan sifat yang telaten untuk mencapai target. Disiplin adalah modal sesungguhnya di sini yang benar-benar dapat membantu anak Moms untuk mencapai target.

9. Melatih konsentrasi dan fokus
Konsentrasi dan fokus merupakan hal lain yang didapatkan di sini. Ini juga akan mengantarkan anak memperoleh kesuksesan dalam mencapai targetnya. Ini akan membuat anak-anak lebih connect dengan teman lainnya sehingga mereka akan menjadi anak yang lebih cerdas daripada anak yang lain.

10. Meningkatkan musikalitas anak
Dari semua, bermain musik – khususnya anak-anak dapat membuat musikalitas anak menjadi lebih berkembang.

Sumber : Suriyanti (BTIKA)

http://avila-school.com/blogs/manfaat-belajar-musik-yang-tidak-diketahui-moms?utm_source=facebook-ads&utm_medium=facebook&utm_content=W2151FR&utm_campaign=cm10musik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s