Reungan Dalai Lama Mengenai Agama

Seorang ahli dari kelompok “The Theology Of Freedom” dari Brazil bernama Leonardo Boff bertanya pada Dalai Lama pemimpin umat Buddha dari Tibet: “Yang Mulia, apakah agama terbaik?” Leonardo Boff menduga bahwa Dalai Lama akan menjawab : “Agama Buddha dari Tibet atau agama oriental yang lebih tua dari agama Kristen”.

Ternyata, sambil tersenyum, Dalai Lama menjawab : “Agama terbaik adalah agama yang lebih mendekatkan anda dengan Tuhan, yaitu agama yang membuat anda menjadi orang yang lebih baik”. Sambil menutupi rasa malu karena punya dugaan kurang baik tentang Dalai Lama, Leonardo Boff bertanya lagi : “Apakah tanda agama yang membuat kita menjadi lebih baik?”

Jawaban Dalai Lama : “Agama apapun yang bisa membuat anda lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggung jawab dan lebih beretika.

Agama yang punya kualitas seperti di atas adalah agama terbaik”.

Leonardo Boff terdiam sejenak dan terkagum-kagum atas jawaban Dalai Lama yang bijaksana dan tidak dapat dibantah. Selanjutnya, Dalai Lama berkata : “Tidak penting bagiku kawan, apa agamamu, tidak peduli anda beragama atau tidak. Yang betul-betul penting bagi saya adalah perilaku anda di depan kawan-kawan anda, di depan keluarga, lingkungan kerja dan dunia”.

Akhirnya, Dalai Lama berkata : “Jagalah pikiran mu, karena mereka yang akan menjadi perkataan mu. Jagalah perkataan mu, karena mereka lah yang akan menjadi perbuatan mu. Jagalah perbuatan mu, karena mereka akan menjadi kebiasaan mu. Jagalah kebiasaan mu, karena mereka akan membentuk karaktermu. Jagalah karaktermu, karena mereka akan membentuk nasibmu, dan nasib mu akan menjadi kehidupan mu. Dan tidak ada agama yang lebih baik dari pada KEBENARAN.

Diambil dari salah satu bagian dari Buku “Ketika Semua Jalan Telah Tertutup”.

Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2559 BE / 2015.

Sumber : Suriyanti (BTIKA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s